Monday, January 31, 2011

LAPAN: Crop Circle Magelang Buatan Manusia




Crop Circle di Desa Banyusari, Kecamatan Tegalrejo, Magelang


Setelah di Sleman dan Bantul, crop circle muncul lagi di Magelang, Jawa Tengah, Minggu (30/1) kemarin. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) membantah lingkaran tersebut sebagai jejak 'UFO' seperti yang diyakini sejumlah kalangan. Crop circle di Magelang, menurut LAPAN, adalah buatan manusia.

Kepala Pusat Pemanfaatan Sains Antariksa LAPAN, Sri Kaloka meyakini betul semua crop cicle, baik di Sleman, Bantul dan terakhir di Magelang, adalah buatan manusia.

"Dari hampir ribuan literatur, crop circle itu buatan manusia," kata Sri Kaloka saat dihubungi Tempo hari ini, Senin 31 Januari 2011.

Tanpa bermaksud meremehkan, Sri Kaloka mengatakan ketiga pola crop circle yang ditemukan di tiga daerah tersebut masih terlalu sederhana. Ini sangat berbeda dengan ribuan crop circle yang dibuat di luar negeri.

"Di sana crop circle yang dibuat sudah sangat complicated, baik bentuk, motif atau reliefnya," kata dia. Kesimpulan ini diambil setelah LAPAN menerjunkan tim ke lapangan untuk meneliti crop circle di Sleman, Bantul serta Magelang itu.

No comments:

Post a Comment